Selasa, 17 Maret 2015

PEMANFAATAN BAMBU UNTUK KERAJINAN

Bambu biasanya digunakan sebagai kayu bakar oleh kalangan masyarakat pada umumnya, akan tetapi lain lagi ditangan Tanem warga desa sendangagung kecamatan Sumberrejo kabupaten Bojonegoro bambu tersebut dapat dijadikan kerajinan yang menghasilkan pundi-pundi rupiah. Meskipun zaman sudah semakin modern dan banyak bangunan rumah yang permanen tetapi tidak membuatnya patah semangat untuk mempertahankan kreatifitasnya tersebut, sudah puluhan tahun Ibu Tanem menggeluti bidang tersebut bersama sang suami.
Anyaman bambu yang biasa dikenal dengan sebutan “KEPANG” biasa dibuat bilik rumah, dijual dengan harga 5.000 rupiah per meter. Walaupun dengan harga yang tak sebanding dengan keringatnya tersebut Pengrajin bambu itu tetap setia dengan pekerjaannya untuk menghidupi keluarga yang dicintainya.
   Selain Kepang Perempuan Setengah tua itu juga menjadikan bambu tersebut berbagai kerajinan seperti kipas, kandang ayam, dan lain-lain sesuai dengan pesanan para pelanggan. Dari jerih payahnya tersebut kata Tanem ( 12/03/15 ) “ saya mampu menghasilkan sekitar 60 sampai 80 ribu perhari, dan saya berharap semoga kerajinan yang merupakan tinggalan dari nenek moyang tersebut bisa berkembang pesat lagi, khusus nya di desa sendangagung ini”. ( Hidayah )